:) pop
blog it

indonesian language !

Rabu, 17 Juli 2013

Toraja Tour

Tana Toraja

Tana Toraja
Tana Toraja adalah kabupaten yang 300 km dari kota Makassar, Indonesia. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat mengesankan batu granit, sawah hijau dan patch kompleks gunung dan penguburan yang dapat membuat dingin bergidik. Sekarang Tana Toraja merupakan salah satu obyek wisata di Indonesia, dihuni oleh suku Toraja yang tinggal di daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli. Tapi tempat ini lebih menarik jika kita dapat melakukan perjalanan di sini terutama bertepatan pemakaman yang biasa disebut 'Rambu Tuka'.




Dalam masyarakat Toraja, upacara pemakaman yang paling penting dan mahal. Orang yang lebih kaya dan berkuasa, biaya pemakaman akan lebih mahal. Tubuh almarhum tidak dikuburkan tapi di tempat (rumah adat) tongkonan, dan juga diadakan pemotongan kerbau diacara. Selain itu, kita dapat mengunjungi berbagai jenis pemakaman disini seperti di bayi kematian 'Kambira' di pohon, tubuh 'Batu tumonga' di bebatuan dan di gua-gua Rantepao. Pemakaman diadakan hanya kadang-kadang setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan, dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan untuk mengumpulkan cukup uang untuk menutupi biaya pemakaman. Suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba melainkan suatu proses bertahap menuju Puya (dunia roh, atau akhirat). Dalam masa tunggu, mayat dibungkus dengan beberapa potong kain dan disimpan di bawah tongkonan tersebut.

Jadi jika Anda ingin merasakan daerah tersebut masih eksotis, memiliki kekayaan budaya dan terpencil, tidak ada salahnya anda mencoba untuk datang ke tempat ini dan merasakan suasana yang berbeda. Wisatawan asing dan lokal dan banyak yang mengatakan bahwa tempat ini adalah salah satu tujuan liburan atau perjalanan menakutkan dan ekstrim.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:) emoticons ampe bodai :) snow